Minggu, 11 Mei 2014

OSP 2012 Part 1

OSP 2012 adalah Olimpiade yang gak bakal gue lupain sepanjang hidup. Benar! Gue bener-bener bersyukur sama Allah SWT, sungguh anugrah yang luar biasa bagi gue. Dan gue gak pernah nyangka gue berhasil dapet juara 2 OSK Jepara dan lolos ke OSP Jawa Tengah tahun 2012 di saat gue masih anak kelas X. Alhamdulillah! Allahu akbar!

Saat gue ikut OSK di Jepara kalo gak salah bulan April 2012. Gue ikut bidang Biologi. Yap, Biologi sudah menjadi bagian dari hidup gue. Seharusnya gue ikut bidang Fisika sesuai perintah Guru, tapi gue mengajukan diri untuk pindah ke bidang Biologi. Gue takut Biologi ngambek sama gue haha. Saat lomba OSK hari pertama itu, gue gak punya temen dari kelas X, yang lain semuanya kakak kelas XI. Dduh, jadinya gue diem terus kecuali kalo diajak ngomong kakak kelas duluan. Palupi temen gue juga ikut OSK Geologi tapi hari kedua, gue jadi awkward di sana bener-bener kaya alien yang nyasar. Kaya anak ilang yang cuma bisa membuntuti kakak kelas, gue bener-bener kudu nangis :'(

Saat pertama nyampe di tempat lomba (yaitu gedung dinas pendidikan Jepara yang deket dengan kanal) gue langsung dapet flashback pas pertama dulu gue sampe di tempat ini saat SMP bersama guru Biologi SMP, beliau Pak Bekti tercinta <3 gue pengen nangis lagi kalo inget perjuangan beliau menyampaikan materi OSN Biologi dan istilah-istilah ilmiah dan bahasa latin yang gue sebelumnya gak ngerti sama sekali. Gue juga inget temen seperjuangan gue Lily, dan ternyata dia juga ikut OSK kali ini. Tetapi bedanya sekarang kalo dia dulu satu sekolah denganku, sekarang kita beda sekolah. Gue dan Lily waktu SMP dikenal sebagai anak-anaknya Pak Bekti :)

Jam 9 soal dibagikan dan gue mengisi lembar identitas. Untung gak pake LJK, LJK ituh bikin pegel. Dduh pertama lihat soalnya bikin gue pusing rasanya tuh pengin muntah di tempat mana bokong sudah mulai ada indikasi pegel ini gara-gara sambutan-sambutan sebelum lomba yang bikin gue geleng-geleng kepala, puanjang banget kaya ceramah pengajian.

Soal apa inihhhhh? Susah apa gampang? Bohong kalo gue bilang gampang! Jelas ini susah pake banget dan superrr. Ya Allah. Salah apa hambaMu ini, Engkau beri hamba perSOALan yang susah diJAWAB. Meskipun gue sudah memiliki pengalaman OSN waktu SMP. Jelas soal OSN SMP dan OSN SMA itu jelas-jelas BEDA!!! Tingkatannya lebih tinggi lagi, naik level, setara soal anak mahasiswa. Lo pikir gue anak Superior ._. gue cuma anak minoritas yang beruntung :'(

Lagipula gue baca soal-soal OSK itu kaya baca koran, enggak habis-habis padahal sudah gue isi yang menurut gue benar dan gue bisa yah meskipun masih bolong-bolong. Gue bingung kok soalnya gak habis-habis? Kapan nyampe halaman terakhir? Teruss ini soal Biologi apa soal Bahasa Indonesia?? Lo bayangin 1 soal itu 1 lembar full malah ada yang lewattt, sedangkan soal OSK Biologi 75 soal. Hfttt, gue syudah awkward plus frustrated with this. Aaaaaa! Rasanya tuh pengen gembor di tempat, jangan deh malu-maluin almamater hehe.

Gue sabar aja, nyatanya saat gue nyari napas bentar buat cari pencerahan dari Allah SWT, gue sempetin liat-liat wajah peserta laen. Haha sama ternyata! Wajahnya under pressure semua. Jelas kita sama-sama pusing dan stress. Kita bisa dibilang kena Epilepsi secara berjamaah, sayang gue gak tau siapa yang jadi imamnya haha.

Lagian yah pas gue serius baca soal OSK, gue kena earworm!!! Gara-gara tadi pas pagi-pagi gue muterin lagu-lagu SHINee. Ya Allah~ Kenapa syndrome anak Kpopers ini dateng di saat yang tidak tepat! Gue lagi butuhhh konsentrasi penuhhh! Lagu Hello dan Stand by Me nya SHINee berkeliangan di otak gue. Ampun deh, akhirnya gue berdoa sama Allah untuk diberi ketenangan. Gue memutuskan melanjutkan mengisi jawaban yang masih bolong-bolong. Dduh mana masih banyak lagi padahal kurang 20 menit!!! Dan bokong gue sudah pegel-pegel duduk di kursi lipat berjam-jam. HUH.

Singkat cerita hari OSK Jepara telah selesai. Dan gue tidak terlalu banyak berharap karena OSK 2012 ini pengalaman baru gue sebagai anak kelas X SMA. Gue dalem hati berjanji next OSK 2013 gue bakal berusaha lebih baik lagi. Gue akui saat itu gue rada kecewah dengan kemampuanku yang tak seberapa dalam menjawab soal-soal yang Masya Allah bangett ituuuh.

"Dek, gimana tadi soalnya?" tanya Kak Fika.
"Sulit pake banget kakak, huhuhu" jawab gue pake nada melasss.
"Hehe sama dek" canda Kak Fika, dduh senyumnya :)

-3 Minggu kemudian-

Bulan Mei 2012 gue sampai di penghujung kelas X SMA, yup gue semesteran! Ceritanya malem itu gue lagi belajar buat pelajaran yang diujikan semesteran bessok yaitu Fisika dan Seni Budaya. Karena gue sudah bisa Seni Budaya, gue belajar Fisika dari abis Magrib sampe malem, gue ngebutt banget belajarnya. Sempet gue sebel dan awkward sama salah satu temen gue yang terus menerus nelpon dan sms gaje, karena gue bukan tipe orang yang suka diganggu pas serius jadinya gue abaikan semua ocehan dan getaran hape gue yang tak kunjung diam juga.

Tiba-tiba pukul 21.00 WIB. *Tok Tok Tok* Assalamu'alaikum *Tok TokTok*

Siapakah yang datang malam-malam ke rumah? Bagaimana kisahku selanjutnya?

-to be continued-

Next OSP 2012 part 2

Salam cerdas dari anak abegeh ketjeh tapi enggak tjakep karena gue cantek ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar